Minggu, 31 Juli 2016

TK CERDAS CERIA INDONESIA




A.    LATAR BELAKANG

Anak adalah asset sekaligus investasi orangtua di dunia maupun akhirat. Setiap anak terlahir dari seorang ibu yang menjadi amanah bagi kedua orangtuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa, ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya. Sudah menjadi keharusan bagi orangtua untuk melindungi dan memberikan pembelajaran yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kesuksesan orangtua dalam mendidik anak-anaknya maka akan menjadi cahaya dunia dan akhirat.  Kesuksesan mengenalkan Tuhannya dalam ketauhidan hingga dapat mengamalkan ajaran agama dan membimbingnya hingga dapat meraih sukses dunia yang berpondasikan aturan agama.
Setiap hasil yang luar biasa adalah dari perjuangan yang luar biasa pula. Dengan demikian, orangtua dalam hal ini ibu dan bapaknya bertanggungjawab atas keberlangsungan pendidikan terbaik untuk anaknya. Pendidikan disini mencakup pendidikan tauhid, akhlak perilaku, sosial dalam kemampuan berinteraksi dengan wajar sesuai tahap perkembangnnya, emosi dalam pengontrolan diri, bahasa, psikomotorik dan kognitif atau perkembangan daya pikirnya. Kesemua pendidikan ini sangat tepat bila dimulai pada saat anak memasuki usia pra sekolah.
Pemanfaatan pendidikan pada anak usia pra sekolah saat ini kurang optimal, seperti kesibukan kedua orangtua dalam bekerja ataupun para orangtua kurang ilmu tentang pendidikan perkembangan anak sehingga pola asuh masih bersifat konvensional. Melihat kondisi saat ini, khususnya wilayah cijanggel cisarua dan kebutuhan lingkungan pendidikan yang kondusif, maka pendirian lembaga pendidikan Taman kanak-kanakCerdas Ceria Indonesia diperlukan untuk membantu tunas-tunas bangsa Indonesia melewati perkembangan usia emasnya dengan keceriaan dan bekal kecerdasan.
Lembaga pendidikan Taman kanak-kanak cerdas ceria Indonesia ( TK CCI ) merupakan lembaga pendidikan pra sekolah khususnya bagi anak-anak usia jelang masuk Sekolah Dasar, yakni usia 6 tahun atau dibawahnya. Prioritas lembaga dalam menerima murid adalah anak-anak yang secara ekonomi berkekurangan.

Pembelajaran yang dibutuhkan anak usia pra sekolah adalah peningkatan kompetensi sosial-emosi, bahasa, psikomotorik dalam akhlak perilaku, kognitif dan pendidikan agama. Pada TK CCI, kami mengupayakan kompetensi-kompetensi tersebut agar bisa dilaksanakan secara sinergis. Sehingga mempunyai bekal untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya dengan lebih siap yang tentunya menuntut peran serta orangtua agar terbentuk kerjasama pendidikan rumah dan pendidikan sekolah. Dengan demikian, kami membentuk forum orangtua dan guru yang dapat dijadikan wadah berbagi informasi dan sekaligus pembinaan bagi para orangtua murid.
Banyaknya anak usia pra sekolah dari golongan kurang mampu dan rendahnya pengetahuan orangtua akan pentingnya pendidikan pada anak usia pra sekolah, kami sebagai bagian dari warga Indonesia yang memiliki kesempatan berkontribusi untuk penyelenggaraan lembaga pendidikan TK Cerdas Ceria Indonesia yang mendidik anak dan membina orangtua secara sosial dan non komersial. Dengan pengajaran dan pembinaan yang konsisten diharapkan keberadaan TK CCI dapat memberikan atmosfer positif di wilayah sekitar.
















B.     PROFIL

I.          Identitas Lembaga

1.      Nama TK                                     : TK CERDAS CERIA INDONESIA
2.      No. Ijin Operasional                     : 421.1/16.415.5/PAUNDI-Disdikpora/2016
3.      NPSN                                           : 69891479
4.      NSS                                              : 00.2.02.23.02.164
5.      Nama Yayasan                             : YAYASAN ANAK CERDAS CERIA INDONESIA
6.      No. Akta Notaris                          : 06 Tanggal 27 April 2015 ditanda tangani oleh
  Mohamad Juania, SH., M.Kn
7.      No. Kemhumham                         : AHU-0003228.AH.01.12. Tahun 2016
  Tanggal 20 Januari 2016

8.        Nama Ketua Yayasan                  : Nemah Siti Ningrum
9.        Nama Kepala Sekolah                 : Sarah Maesaroh
10.    Alamat lembaga                                                             
a.                                Jalan                                      : Kolonel Masturi
b.                               Kampung                               : Cijanggel
c.                                RT / RW                                : 003 / 011
d.                               Desa                                       : Kertawangi
e.                                Kecamatan                             : Cisarua
f.                                 Kabupaten                             : Bandung Barat
g.                               Provinsi                                 : Jawa Barat
h.                               No Telepon                            : 082216717587
i.                                 Kode  Pos                              :  40551
11.    Status Bangunan                          :  Milik Sendiri
12.    Tanggal Berdiri                            : 13 Oktober 2010





II.         Susunan  Pendidik
No
Nama
L/P
Tempat dan Tgl Lahir
Ijazah dan Tahun
1
Sarah Maesaroh
P
Bandung, 11 Mei 1992
SMA/ 2010
2
Liawati
P
Bandung, 1 januari 1987
SMA/ 2005
3
Riska Sri Rahayu
P
Bandung, 04 Oktober 1996
SMA/2015

III.             Tenaga Kependidikan
No
Nama
L/P
Tempat dan Tgl Lahir
Jabatan
Ijazah dan Tahun
1
Sarah Maesaroh
L
Bandung, 11 Mei 1992
Kepsek
SMA/ 2010

IV.             Data Peserta Didik Tahun Pelajaran 2014/2015
No
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
15
11
26


C.    VISI

Visi TK Cerdas Ceria Indonesia
Mewujudkan anak usia dini yang taqwa, mandiri, cerdas dan ceria, serta menjadikan suatu lembaga pendidikan yang memiliki nilai-nilai religius dan berwawasan sehingga menghasilkan individu yang siap menghadapi berbagai tantangan hidup , dapat menjaga lingkungannya dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, agama dan negara.









D.    MISI

Misi  TK Cerdas Ceria Indonesia
·         Memfasilitasi perkembangan peserta didik agar dapat berkembang secara optimal;
·         Membantu orang tua dan masyarakat untuk mempersiakan anak usia dini dalam menghadapi era globalisasi dengan dasar agama dan kepribadian yang baik;
·         Mengantarkan dan mempersiapkan peserta didik ke jenjang sekolah dasar;
·         Menjalin kerjasama kelembagaan dan lembaga pendidikan anak usia dini dengan  masyarakat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, produktif, mandiri  dan bertanggung jawab;
·         Mendidik generasi berakhlaqul karimah dan beraqidah Islam yang kuat;
·         Membantu pemerintah dalam meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan anak usia dini melalui tindakan nyata yang professional dan bertanggung jawab.

E.     MAKSUD DAN TUJUAN
       
1.      Menjadi sarana pendidikan anak – anak pra sekolah di wilayah cijanggel desa kertawangi, khususnya bagi yang memiliki keterbatasan secara ekonomi
2.      Menyiapkan peserta didik dengan kecerdasan dan keceriaan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya
3.      Membina peserta didik pada aspek afektif, psikomotorik dan kognitif secara menyenangkan
4.      Meningkatkan pemahaman para orangtua peserta didik akan pentingnya pendidikan pada anak usia pra sekolah
5.      Menjadikan TK Cerdas Ceria Indonesia sebuah lembaga pendidikan yang mendapat perlindungan hukum pemerintah


F.     DASAR HUKUM

1.      Al Qur’an Surat An Nissa Ayat 9
“ Dan Hendaklah takut kepada Allah orang – orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak – anak yang mereka khawatir terhadap ( kesejahteraan ) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.
2.      Al Qur’an surat Al Furqonayat 74
“ Dan orang – orang yang beriman berkata : “ Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami istri – istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati ( kami ), dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa”.
3.      Undang – Undang Dasar tahun 1945 pasal 28 B ayat 2, bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
4.      Undang – undang nomor 4 tahun 1974, tentang kesejahteraan anak.
5.      Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 7 tahun 2005, tentang rencana pembangunan    jangka menengah nasional tahun 2004-2009.
6.      Undang – undang nomor 20 tahun 2003, tentang system pendidikan nasional.
7.      Peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010, tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan.
8.      Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 58 tahun 2009, tentang standar pendidikan anak usia dini / PAUD.
9.      Rencana strategis Departemen pendidikan nasional tahun2005-2009.








G.    BIDANG PENGAJARAN

1.      Pengembangan kemampuan anak meliputi :
a.       Pengembangan nilai-nilai agama
b.      Pengembangan akhlak perilaku – social emosional
c.       Pengembangan bahasa
d.      Pengembangan kognitif
e.       Pengembangan fisik
f.        Pengembangan seni – kreativitas
2.      Pengelolaan kegiatan pembelajaran dilakukan berdasarkan :
a.       Prinsip materi disesuaikan dengan tahap perkembangan dan potensi anak
b.      Prinsip pengembangan peserta didik dilakukan secara bertahap, berulang – ulang dan terpadu
c.       Metode klasikal maupun individual
d.      Benda dan lingkungan sekitar menjadi objek pembelajaran utama
e.       Prinsip keteraturan melalui pembelajaran kedisiplinan
f.        Guru sebagai stimulator, innovator dan fasilitator
g.      Suasana keceriaan dalam proses pembelajaran
3.      Waktu Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran terhitung hari efektif 5 hari dalam sepekan, yaitu Senin sampai dengan Jumat. Waktu pelaksanaan pukul 08.00 -11.00 WIB.

H.    SUMBER DANA

Sumber dana untuk membiayai kegiatan operasional diperolehdari :
1.      Infaq dari orangtua siswa;
2.      Sumbangan dari para donator;
3.      Sumber – sumber lain yang halal



I.       KELENGKAPAN ADMINISTRASI

1.      Ketata Usahaan
-          Buku agenda
-          Buku inventaris barang
-          Buku ekspedisi
-          Buku tamu
2.      Administrasi keuangan
-          Buku dana sumbangan
-          Buku kas operasional
3.      Administrasi kesiswaan
-          Buku induk / data siswa
-          Buku absen
-          Buku laporan pendidikan

J.      SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG

Sarana dan prasarana pendukung di lembaga pendidikan TK CCI adalah :
1.      Fasilitas bangunan
-          1 buah bangunan ( tempat belajar )
-          1 ruang sekretariat
-          2 ruang kelas
-          1 kamar mandi








2.      Peralatan
No
Uraian
Jumlah
Satuan
Keterangan
1
Meja guru
1
Buah
Ada, baik
2
Kursi guru
3
Buah
Ada, baik
3
Lemari
1
Buah
Ada, baik
4
Loker siswa
2
Buah
Ada, rusak
5
Meja siswa
30
Buah
Ada, baik
6
Kursi siswa
30
Buah
Ada, baik
7
White board
2
Buah
Ada, baik
8
Kamera Digital
1
Buah
Ada, baik
9
APE Luar
3
Bauh
Ada, rusak
10
APE Dalam


Ada, baik


















K.    STRUKTUR ORGANISASI

SUSUNAN ORGANISASI
TAMAN KANAK-KANAK CERDAS CERIA INDONESIA

























0 komentar:

Posting Komentar

 

PAUD Desa Kertawangi Template by Ipietoon Cute Blog Design